Asal Mula Berdirinya Negara Israel

Berdirinya Negara Israel – Apa diantara kamu sudah pernah tau sebelumnya?
Ini merupakan salah satu negara yang dengan diperbincangkan saat ini. Sedikit pengetahuan tentang Israel, bahwa ternyata berdirinya negara Israel sebelum kehadiran Palestina. Dalam catatan setidaknya lebih dari 60 tahun negara ini ada. Israel merupakan negara yang menjajah Palestina, akan tetapi ada satu wilayah yang belum bisa ditaklukkan oleh Israel. Gaza sampai sekarang belum bisa dikuasai oleh Israel. Lantaran ada tembok yang besar di sana yang sangat susah untuk runtuh. Lalu, seperti apa cerita Israel itu berdiri. Berdasarkan beberapa sumber, bahwa awalnya ada sebuah Gerakan Antisemit di berbagai dunia. Kemudian ini melahirkan sebuah Zionisme dengan penggagas Teodeore Herzl. Ia merupakan orang Yahudi yang ada di Paris. Gagasan yang dilahirkan ialah menciptakan sebuah negara atau tanah air yang terdiri dari bangsa Yahudi. Dengan pendapat yang demikian ini, kemudian ia mencoba melakukan propaganda dengan menyebarkan pamflet “Der Yuden Staat“. Itu semua dilakukan untuk membentuk dan merealisasikan gagasan tentang tanah air untuk Yahudi. Awalnya dimulai dari Argentina dan berkembang sampai ke Palestina. Akhirnya Palestina lah yang dipilih, keputusan ini diambil melalui sebuah kongres yang dilakukan oleh Kaum Zionis yang bertempat di Basel sekitar tahun 1897. Kenapa kemudian negara Palestina menjadi pilihan?

Pemilihan Palestina ini tenyata ada latar belakangnya. Di mana secara history di Palestina inilah dahulu ada Haikal Sulaiman. Di mana itu adalah lambang dari kejayaan Yahudi di Palestina (975- 935 sebelum Masehi). Asal mulanya kejadian Israel ini tidak bisa dilepaskan dari runtuhnya Khalifah pada waktu itu. Pada masa itu ketika Sultan Abdul Hamid sangat menentang dan membenci kaum Yahudi. Hal itulah yang menjadi bangsa Yahudi geram, akhirnya Yahudi mulai melakukan konspirasi untuk kehancuran Sultan Abdul Hamid. 1918, Palestina akhinya runtuh karena Jendral Allenby berhasil merebut dari Turki Usmani. Lantas, di tahun 1947 PBB malah membagi wilayah Palestina menjadi dua bagian. Hal inilah yang menjadi hal bersejarah kaum Yahudi. Di mana tepat 1947 mereka membentuk sebuah deklarasi berdirinya negara Israel, tepatnya pada tanggal 14 Mei 1948. Dalam catatan tersebut, ada beberapa hal perlu untuk dipahami. Di mana banyak terjadi peperangan yang melibatkan bangsa Yahudi. Pada tahun berdirinya tadi ada perang yang melibatkan beberapa negara Islam. Mulai dari Arab Israel, Jordania, Syiria, dan  Mesir.  Semua itu dilakukan hanya untuk menduduki wilayah Gaza. Kejayaan Israel mulai nampak dari peperangan yang dilakukan tadi. Karena hampir semuanya dimenangkan dan menghasilkan perluasan wilayah Israel bahkan sampai saat ini. Bahkan Gurun Sinai awalnya sudah lepas dari Mesir. Akan tetapi karena di tahun 1977 ada sebuah perjanjian yang bernama Camp David. Di mana itu membuat Gurun Sinai kembali menjadi milik Mesir.

Puncak dari Israel ini terjadi karena lahirnya perjanjian Olso, di tahun 1992. Di mana itu memberikan sebuah pengakuan eksistensi dari Israel. Sejak itulah kemudian Israel berisi kokoh di tanah Palestina. Tidak ada yang mengetahui sampai kapan hal ini akan terjadi. Karena memang kepercayaan bahwa Gaza harus menjadi milik Israel selalu dipahami. Al hasil sampai sekarang masih banyak peperangan yang melibatkan kedua negara tersebut. Di berita- berita pasti kisah dan hal yang berkaitan dengan Israel sangat ramai. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa memperoleh informasi mengenai Israel dan kenapa bisa sampai sekarang penjajahan masih tetap dilakukan. Artikel mengenai berita berita Israel lainnya kamu bisa baca DISINI

Spread the love

You may also like...